Open Today from 10am - 6pm.

Tumbuh Akar


Solo Exhibition by Nana Tedja

Nana Tedja lahir di Yogyakarta pada tahun 1971 ditengah keluarga pembatik dan lekat dengan kebudayaan jawa. Ia mulai mengenal bahasa garis dan melukis pada masa remaja. Di usia dewasa, Nana menempuh pendidikan pascasarjana jurusan penciptaan seni lukis di Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Garis dan coretan Nana Tedja dikenal sebagai karya dengan garis-garis ekspresif yang ia padukan dengan beragam corak warna. Ia menarik garis, membuat tarikan kuas yang merupakan presentasi dari segala hal yang melekat pada "laku" hidupnya sehari-hari. Setiap karyanya, sangat erat dengan pengalaman kulturalnya, sebagai akar yang ditumbuhkan. Dua hal itu menjadi pijakan Nana Tedja dan menuntunnya untuk melukis secara otentik dan ditambah dengan kekuatan intuisi di setiap ujung nafasnya.

Pada pameran 'Tumbuh Akar' ini, kita menyaksikan 19 karya terbaru Nana Tedja yang seluruhnya dibuat pada tahun 2018. Seluruh lukisan ini dilandasi oleh cara melihat dan cara membaca sesuatu yang tidak seperti cara pandang umumnya pada orang kebanyakan. Karya- karya Nana Tedja ini memiliki kecenderungan sangat subjektif, lebih mendekat pada hal-hal yang unik dan mampu dibaca oleh jiwa. Ia mengedepankan kejujuran, otentik, sesuai nurani sehingga tidak mampu berpura-pura meskipun hanya sepenggalan bahasa melalui garis, goresan, coretan, layer-layer, layer pertama, layer kedua dan seterusnya sebagai ungkapan yang organik.

A. Anzieb (Kurator)

Download Catalog